Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan untuk menemukan sesuatu yang belum
ada menjadi ada atau sesuatu yang belum terpenuhi menjadi terpenuhi dapat
berupa barang ataujasa yang memiliki nilai dan manfaat untuk orang lain dan
diri sendiri.
Pemasaran dapat dilakukan melalui observasi dan penelitian
untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai dan manfaat sekaligus memenuhi
kebutuhan dan keinginan untuk orang lain.
Tahapan dalam pemasaran:
1.
Produk :
Menentukan produk yang dibutuhkan dan diinginkan untuk orang lain.
2.
Harga :
Nilai dari produk yang dihasilkan.
3.
Place :
Adalah tempat untuk mendistribusikan produk sehingga mudah untuk dijangkau oleh
pelanggan.
4.
Promotion : Memberitahukan konsumen mengenai
produk yang dihasilkan.
5.
Pelayanan Purna Jual : Menyediakan pelayanan yang memudahkan kosumen untuk perawatan
selama pemakaian produk.
Definisi Pemasaran menurut para ahli:
-
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan
untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. (
Philip Kotler )
-
Pemasaran adalah Suatu fungsi organisasi dan
serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan,
dan memberikan nilai kepada pelanggan untuk megelola hubungan pelanggan dengan
cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku pementingan. (Amerikan
Marketing Association/AMA)
Pemegang kepentingan / Stackholder adalah:
1. Pemilik
2. Karyawan
3. Pelanggan
4. Kreditor
5. Suplayer
Dosen : Marius P
Angipora
Tidak ada komentar:
Posting Komentar