Senin, 09 Desember 2013

08.PENGORGANISASIAN (PENGANTAR MANAJEMEN)

PENGORGANISASIAN


Kata
Pengorganisasian berasal dari kata organisasi.
Kata organisasi memiliki 2 pengertian umum yaitu:
1.       Organisasi menendakan suatu lembaga atau kelompok fungsional :
Contoh : perusahaan, rumah sakit, lembaga lembaga pemerintah, dsb.
( organisasi sebagai tools of management )
2.       Organisasi berkenaan dengan proses pengorganisasian, yakni sebagai suatu cara dalam mana kegiatan organisasi dialokasikan dan ditugaskan diantara para anggotanya agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien atau efektif.
( Organisasi sebagai Function of Management )

Organisasi merupakan hal yang statis yang menggambarkan pola-pola, skema, bagan-bagan yang menujukan garis perintah, hubungan hubungan yang ada dan yang lain lain.
Dengan demikian organisasi hanya merupakan “alat” atau “wadah” tempat manajer melakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Pengertian Organisasi :
1.       Menurut Chester I. Bernard :
Organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

2.       Menurut James D. Mookey :
Organisasi adalah setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu maksud bersama.

Pengertian PENGORGANISASIAN :
Pengertian pengorganisasian memiliki beberapa pengertian lain:
1.       Cara manajemen merancang struktur formal untuk penggunaan yg paling efektif sumber daya –sumber daya keuangan, fisik, bahan baku dan tenaga kerja organisasi.
2.       Bagaimana organisasi mengelompokkan kegiatan kegiatannya dimana setiap pengelompokan diikuti dengan penugasan seseorang manajer yang diberi wewenang untuk mengawasi anggota kelompoknya.
3.       Pengorganisasian itu menunjukan hubungan hubungan antara fungsi fungsi, jabatan jabatan, tugas tugas, dan para karyawan.
4.       Cara dalam mana para manajer membagi lebih lanjut tugas tugas yang harus dilaksanakan dalam departemen mereka dan mendelegasikan wewenang yang diperlukan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Ada 3 hubungan dasar dalam hubungan formal:
1.       Tanggung jawab
2.       Wewenang
3.       Pertanggung jawaban

Langkah langkah pengorganisasian :
1.       Mempelajari sebuah pekerjaan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan.
2.       Membagi beban kerja kedalam aktifitas yang secara logis dan menyenangkan dapat dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang.
3.       Mengkombinasikan pekerjaan anggota perusahaan dalam cara logis dan efisien.
4.       Penetapan mekanisme untuk mengkoordinasikan pekerjaan anggota organisasi dalam satu kesatuan yang harmonis.
5.       Memantau efektifitas organisasi dan pengambilan langkah langkah penyesuian untuk mempertahankan atau meningkatkan efektisitas.

Keuntungan adanya pengorganisasian yang baik:
1.       Dapat terjalin pola hubungan yang baik dalam organisasi,  antar anggota organisasi, sehingga akan mempermudah pencapaian tujuan organisasi.
2.       Setiap anggota organisasi dapat mengetahui dengan jelas tugas dan kewajiban serta tanggung jawabnya.
Elemen Pengorganisasian:
Menurut Grifin:
Membagi elemen organisasi atas 6:
1.       Merangcang pekerjaan
a.       Spesialisasi pekerjaan
b.      Keuntungan dan keterbatasan dalam spesialisasi
c.       Alternatif dalam spesialisasi
2.       Mengelompokkan pekerjaan
a.       Rasionalisme departement
b.      Dasar umum departelisasi
                                                               i.      Fungsional
                                                             ii.      Produk
                                                            iii.      Pelanggan / pasar :
1.       Pasar konsumen
2.       Pasar reseller :
a.       Pedagang Besar
b.      Grosir
c.       Distributor
d.      Pengecer
3.       Pasar Industri/Bisnis
4.       Pasar Pemerintah
5.       Pasar International
                                                           iv.      Departementalisasi atau Departemtasi adalah suatu proses penentuan  cara bagaimana kegiatan kegiatan dikelompokan.
Ada beberapa bentuk departementalisasi yang dibentuk atas dasar:
1.       Fungsi : pemasaran, produksi, keuangan.
2.       Produk dan Jasa : divisi elektronik, automotif.
3.       Wilayah : divisi DKI, JABAR
4.       Langganan : Penjual, konsumen, Pemerintah
5.       Peralatan
6.       Waktu : Shift dan jam kerja
7.       Pelayanan
8.       Proyek & Matriks
3.       Menciptakan Hubungan Pelaporan
a.       Rantai  Komando
b.      Organisasi bertingkat di oprasional datar
c.       Menentukan Rentan yang sesuai
4.       Mendistribusikan Ototitas
a.       Proses Pendelegasian
                                                               i.      Alasan Pendelegasian
                                                             ii.      Bagian proses pendelegasian
                                                            iii.      Masalah Masalah Dalam Proses Pendelegasian
b.      Desentralisasi dan Sentralisasi
5.       Mengkoordinasikan Aktivitas
6.       Membedakan Berbagai Posisi



Dosen : Marius P Angipora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar