Rabu, 04 Desember 2013

Materi Persentasi Pariwisata Kelompok III, Negara Brazil (Pengantar Pariwisata)

Materi Persentasi Pariwisata Brazil
             1.   Makanan Khas Brazil ( Dipersentasikan Oleh Ella dan Dicky ):
A.      Feijoada

 Feijoada adalah sup kacang hitam dengan daging sapi atau babi, yang merupakan makanan yang terkenal di Portugis, dan juga Brazil, Angola dan semua koloni Portugis. Di Brazil, feijoada dianggap sebagai makanan nasional.

A.      Moqueca
hidangan ikan laut dan udang yang dimasak dengan minyak sawit Dende dan santan kelapa, dengan bumbu minimalis, bawang bombay, bawang putih, jahe, cabe, tomat, daun ketumbar fresh, garam dan merica.

A.      Caipirinha
minuman beralkohol jenis koktail yang berasal dari Brasil. Dibuat dari Cachaça, jeruk limau, gula dan es batu, Caipirinha harus dibuat gelas per gelas karena kandungannya sangat tidak teratur sehingga bila dibuat dalam pitcher sulit untuk dibagi-bagi ke dalam gelas.



A.      VATAPA

Vatapá [vatapa] adalah Brasil hidangan yang terbuat dari roti , udang , santan , digiling halus kacang tanah dan kelapa sawit dihaluskan menjadi pasta kental Makanan ini sangat populer di Utara dan Timur Laut, tetapi lebih khas di negara bagian timur laut Bahia dimana biasanya dimakan dengan acarajé , meskipun Vatapá sering dimakan dengan nasi putih di wilayah lain di Brasil. . Atau, udang bisa diganti dengan tanah tuna , ayam , atau kalkun , diantara pilihan lain.



A.      Casquinha de siri
Casquinha de siri adalah masakan Brasil dibuat dengan daging kepiting, dan itu adalah umum di berbagai daerah. Ada ada beberapa variasi resep. Satu ini dibuat dengan santan, minyak sawit,tomat, keju Parmesan, dan remah-remah roti.



2. Festival Yang Terbesar dan Terkenal Di Brazil (oleh Engki Aprildo)

Brazil Carnival


Brazil Karnaval menjadi salah satu festival besar di dunia. Kegiatan ini berlangsung selama 40 hari atau enam pekan berturut-turut sebelum awal pra-Paskah sekitar bulan Februari sampai Maret. Karnaval dilakukan hampir di seluruh sudut negara ini.
Berbeda kota, maka akan berbeda pula gaya karnavalnya. Di Rio de Janeiro dan Sao Paulo, misalnya, parade ini telah teroganisir dengan sangat baik dan menjadi kegiatan besar yang dipimpin oleh sekolah samba.
Selama enam pekan perayaan, hampir seluruh kegiatan warga Brasil terhenti. Pawai inipun menambah pemasukan sektor pariwisata Brasil dikarenakan sangat besarnya antusias para turis untuk menyaksikan perhelatan akbar ini.
Parade akan mengitari jalanan Brasil. Warga berdandan dan mengenakan kostum berwarna-warni yang begitu indah. Kalangan perempuan tampak seksi dalam balutan kostum yang mayoritas bernuansa bulu-bulu. Parade ini bertambah meriah dengan suguhan Tari Samba khas Brasil.


3. Mata uang ( Dipersentasikan Oleh Dicky )
Cruzerio Real diubah menjadi Real Brazil sejak 1994, dengan nilai 1 Real Brazil = 2.750 Cruzerio Real. Kurs Mata Uang Real Brazil per 04 Desember 2013: Rp 5.o45,- / 1 Real Brazil

Contoh Real Brazil

                                                                

4. Kebiasaan Umum Masyarakat Brazil ( Dipersentasikan Oleh Tyas dan Engki )

1.       Kata “Brazil” berasal dari bahasa Portugal yang artinya “kayu merah”. Orang Brazil kebanyakkan mempunyai sifat terbuka dan enak diajak bergaul. Orang Brazil mempunyai adat yang menarik. Pria di Brazil suka menggambarkan seekor harimau di depan dadanya untuk menyatakan dirinya pemberani, ada juga yang menggambarkan panah di depan dadanya untuk menyatakan dirinya adalah pemanah terbaik.

2.       Di Brazil, warna ungu menyatakan sedih dan warna kuning mengartikan putus harapan. Mereka beranggap orang meninggal ibarat daun kuning yang gugur. Mereka percaya warna ungu akan membawakan kesedihan. Dan warna coklat tua akan membawakan ketidakberuntungan. Jadi mereka sangat benci warna ini.

3.       Orang Brazil sangat terbuka dalam mengungkapkan perasaan. Saat bertemu di jalan mereka saling memeluk. Tidak peduli pria atau wanita, saat bertemu dan berpisah harus bersalaman. Ibu-ibu saat bertemu saling menempelkan pipinya dan mengeluarkan bunyi ciuman.

4.       Orang Brazil tidak terlalu memperhatikan pentingnya waktu. Saat berbicara dengan orang Brazil, jangan mengungkit tentang pekerjaan sebelum mereka mengungkitnya lebih dulu. Saat berbicara tidak boleh dalam jarak telalu jauh. Tidak peduli seberapa panasnya cuaca di sana, saat bertamu memakai warna gelap adalah yang terbaik.

5.       Bioskop di Brazil terbai atas 3 tingkat sesuai umur dan criteria. Saat pergi nonton jangan lupa membawa KTP untuk pemeriksaan. Di Brazil ketika akan masuk ke rumah pribadi orang lain, harus mendapat persetujuan. Jika ditanya sampai 3 kali oelh pemiliknya dan tidak ada jawaban dari orang yang akan berkunjung, maka pemilik rumah boleh mengangkat pistol dan menembak.

6.       Orang Brazil dan kopi adalah sesuatu yang tidak terpisahkan. Mengkonsumsi 10 gelas kopi dalam sehari adalah hal yang sangat wajar.

7.       Brazil terdiri dari kumpulan orang eropa, afrika, Indian, arab dan asia. Namun yang utama adalah orang Portugal. Oleh karena itu budayanya sangat dekat dengan protugal. Makan ikan di Brazil belum umum/menyeluruh. Biasanya orang Brazil memakan ikan hanya di hari jumat atau di hari paskah. Orang Brazil sangat menyukai udang, namun harganya mahal.

8.       Orang Indian yang ada di Brazil mempunyai satu kebiasaan aneh yaitu mandi. Mereka beranggapan mengajak tamunya mandi adalah bentuk pelayanan terbaik buat tamu. Dalam sehari mereka biasanya mandi puluhan kali.



5. Kesenian ( Di persentasikan oleh Maulida )

Tari Tarian :

A.      Tari Samba
Samba  adalah tarian Brasil dan genre musik yang berakar dari Afrika. Hal ini diakui di seluruh dunia sebagai simbol dari Brasil dan Karnaval Brasil. Dianggap sebagai salah satu ungkapan paling populer budaya Brasil, samba telah menjadi ikon identitas nasional Brasil. Samba de Roda (tari lingkaran) dari Bahia, yang menjadi warisan dunia oleh UNESCO bidang kemanusiaan pada tahun 2005, adalah akar utama dari Carioca samba, samba yang dimainkan dan ditarikan di Rio de Janeiro.

B.      Tari Capoeira
Capoeira Tari sekaligus olahraga beladiri yang berasal dari masyarakat Brazil. Karena keunikannya yang menggabungkan seni beladiri, musik, senam, dan akrobatik. Gerakannya yang khas adalah tarian dan tendangan dengan diiringi musik tradisional (pelengkap).
Tari Capoeira awalnya pada tahun 1500an dipopulerkan oleh budak Afrika yang dibawa Portugal di Brazil untuk bekerja di perkebunan.
Selain gerakan, musik menjadi elemen dasar dari seni Capoeira. Ada 3 macam lagu dalam capoeira yakni ladainha (lagu pembuka), quadras, dan corridos. Hampir tidak mungkin memainkan capoeira tanpa musiknya.
                                


6. 8 Hal Jangan dilakukan di Brazil ( Persentasi Oleh Siti dan Irfan ) :
1.       Jangan Memberi Tanda OK Dengan Jari Anda – Brazil
Di Brazil, tanda OK secara kasar mempunyai kesamaan arti dengan gesture ketika anda mengacungkan jari tengah anda.
Salah satu insiden yang paling terkenal adalah ketika Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon mengunjungi Brazil. Ketika ia baru saja turun dari pesawat, ia mengangkat kedua tangannya dan memberi gesture OK.

2.       Jangan mengambil hewan, tanaman dan batu berharga atau Memberi makan hewan.

Di Brazil Pemerintah melarang anda memelihara hewan kecuali anda membayar pajak untuk hal tersebut.

3.       Jangan membawa atau memakai perhiasan mencolok di depan umum.

Tingkat kejahatan di jalan Brazil tergolong tinggi, maka sebaiknya anda berhati hati dengan barang barang anda termasuk dompet dan barang elektronik.

4.       Jangan menganggap wanita brazil murahan atau mudah diajak berhubungan badan, anda mungkin akan dikenakan pasal pelecehan seksual.

Mayoritas masyarakat brazil beragama katolik, jadi mereka masih menganggap pentingnya norma kesusilaan dan menganggap sex bebas adalah hal yang tabu. Memang mereka suka mengenakan pakaian minim, tapi itu lebih dikarenakan cuaca di Brazil yangg sangat panas.

5.       Jangan mengeluarkan pernyataan atau tindakan yang menjurus ke arah rasisme.

Rasisme dianggap tindakan Kriminal di negara tersebut.

6.       Jangan berbicara dengan bahasa Spanyol

Kebanyakan turis menganggap kebudayaan mereka mirip dengan kebudayaan meksiko dan kuba, seperti Subreros, Salsa, dan Guerillas. Tapi Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Portugis berbeda dengan bahasa negara Meksiko dan Kuba, dan mereka tidak mengerti bahasa Spanyol.

7.       Jangan  Mengatakan Rio de Janeiro sebagai Ibukota Brazil.

Roi de Janeiro sudah tidak menjadi Ibukota Brazil sejak 1960, dan ibukotanya yang sekarang adalah Brasilia.

8.       Jangan Membeli makanan jajanan dijalan atau Menerima makanan dari orang yang tidak anda kenal.

Kemungkinan anda menjadi incaran kriminalitas di brazil cukup tinggi, maka akan lebih baik jika anda menjaga makanan atau minuman yang akan anda konsumsi, karena besar kemungkinan makanan atau minuman yang anda konsumsi dari sumber yang tidak jelas itu beracun atau mengandung obat bius.




7. 8 Hal Yang sebaiknya dilakukan di Brazil ( Persentasi Oleh Lisa dan Maulida) :

1.       Memakai pakaian longgar  dan mengalungkan kamera, tidak mengenakan perhiasan atau jam mahal dan juga membawa uang dan kartu kredit secukupnya.
2.       Menyimpan barang berharga dan pasport anda di safe deposit box hotel, segera setelah anda check-in.
3.       Menggunakan bahasa Portugis sebisa mungkin. Penduduk Brazil menghargai turis yang bisa menggunakan bahasa mereka, mengetahui Ibukota mereka dan mengetahui perkembangan ekonomi negara tersebut.
4.       Melakukan berjabat tangan untuk pria, sedangkan wanita cenderung untuk mencium satu sama lain dalam sapaan. Salam dilakukan dengan jabat tangan disertai dengan menyentuh lengan bawah, siku, dan tepukan di punggung.
5.       Berhati hati dalam membuat janji pertemuan, dikarenakan di Brazil terlebih di Sao Paolo, anda harus memperhatikan kondisi lalu lintas. Jika terjadi hujan atau kecelakaan lalu lintas itu mungkin akan menjadi masalah besar. Jadi sebaiknya anda memprediksikan satu jam lebih awal dari prediksi anda jika kondisi lalu lintas normal.
6.       Saat anda ingin keluar, sebaiknya anda mengenakan krim Matahari. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca di Brazil yang sangat panas terutama pada musim panas.
7.       Jagalah Barang anda bawa dekat dengan tubuh anda saat anda berjalan di luar. Waspadai anak-anak jalanan, meskipun mereka terlihat manis dan polos, mereka adalah beberapa pencuri dompet yang paling ahli.

8.       Bawalah Peta dan kamus bahasa portugis kemanapun anda akan pergi.



Note :
1. Setiap anggota akan mempersentasikan materi sesuai judul yang ditetapkan dan diharapkan dapat menghapal materi, karena penilaian perorangan bukan perkelompok.
2. Jika ada yang mendapat 2 judul maka materi yang kedua hanya sebagai pendamping.
3. Ketua akan memback up untuk materi yang gagal atau tidak mampu di persentasikan oleh anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar