Fungsi Pemasaran
Pemasaran
Definisi :
-
Berasal dari Kata “PASAR”
-
Pasar dalam arti tradisional adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli
-
Pasar dalam arti Ekonomi adalah Seseorang atau
Perusahaan yang rela dan mampu untuk membeli barang hasil produksi untuk
memenuhi kebutuhan dasar dan kepuasan.
-
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan usaha / bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Basu Swastha, 2005:5)
Unsur Pemasaran/Marketing Mix (Gerome ne Charty) :
1.
Product :
Barang / jasa hasil produksi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan
pasar.
2.
Price :
Harga yang ditetapkan untuk suatu produk dan disesuikan dengan pasar.
3.
Place :
Tempat/Lokasi yang strategis untuk melakukan distribusi produk hasil produksi.
4.
Promotion :
Usaha untuk memperkenalkan produk dan mempengaruhi pasar untuk membeli produk.
Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau
kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk,
harga, kegiatan promosi, dan distribusi.
Unsur Pemasaran menurut Victor T.C Midleton:
1.
Proses
2.
Person
3.
Phisical Evidence / Costumer Service
Dosen: Marius P Angipora
Tidak ada komentar:
Posting Komentar