Selasa, 04 Maret 2014

DEFINISI PEMASARAN (Manajemen Pemasaran,02)

Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan untuk menemukan sesuatu yang belum ada menjadi ada atau sesuatu yang belum terpenuhi menjadi terpenuhi dapat berupa barang ataujasa yang memiliki nilai dan manfaat untuk orang lain dan diri sendiri.
Pemasaran dapat dilakukan melalui observasi dan penelitian untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai dan manfaat sekaligus memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk orang lain.
Tahapan dalam pemasaran:
1.       Produk                                 : Menentukan produk yang dibutuhkan dan diinginkan untuk orang lain.
2.       Harga                                    : Nilai dari produk yang dihasilkan.
3.       Place                                     : Adalah tempat untuk mendistribusikan produk sehingga mudah untuk dijangkau oleh pelanggan.
4.       Promotion                          : Memberitahukan konsumen mengenai produk yang dihasilkan.
5.       Pelayanan Purna Jual     : Menyediakan pelayanan yang memudahkan kosumen untuk perawatan selama pemakaian produk.

Definisi Pemasaran menurut para ahli:
-          Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. ( Philip Kotler )
-          Pemasaran adalah Suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses  untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan untuk megelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku pementingan. (Amerikan Marketing Association/AMA)

Pemegang kepentingan / Stackholder adalah:
1. Pemilik
2. Karyawan
3. Pelanggan
4. Kreditor
5. Suplayer



Dosen   : Marius P Angipora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar