Kamis, 24 Oktober 2013

Lingkungan Manajemen ( Pengantar Manajemen-03)

Lingkungan Manajemen

Lingkungan manajemen adalah berbagai pengaruh yang bersumber dari dalam dan luar perusahaan yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi aktifitas manajemen di dalam usaha mencapai tujuan.
1.        Faktor yang mempengaruhi lingkungan
a.       Menurut Griffin:
1.       Internal, meliputi:
A.      Karyawan
B.      Manajemen
C.      Direksi atau pemegang saham
D.      Modal dan peralatan fisik
E.       Informasi .
2.       Eksternal, terbagi 2 yaitu:
A.      Khusus, meliputi:
1.       Konsumen
2.       Pemasok
3.       Kreditur
4.       Pesaing
B.      Umum, meliputi:
1.       Kondisi ekonomi
2.       Kondisi hukum
3.       Kondisi sosial
4.       Kondisi demografi (kependudukan)
5.       Teknologi informasi
6.       Globalisasi

b.      Menutur , Chuck Williams:
1.       Lingkungan eksternal Mikro, terdiri dari:
A.      Pelanggan
B.      Pesaing
C.      Pemasok
D.      Perwakilan pemerintah
E.       Lembaga keuangan
2.       Lingkungan eksternal Makro, terdiri dari:
A.      Ekonomi
B.      Teknologi
C.      Politik dan Hukum
D.      Sosial Budaya
3.       Lingkungan yang berubah, terdiri dari:
A.      Perubahan Stabil, adalah perubahan lingkungan yang berjalan lambat.
B.      Perubahan Dinamis, adalah perubahan yang terjadi dimana angka perubahan lingkungan adalah cepat.

c.       Menurut Stephen P Robbins:
1.       Lingkungan Eksternal, terdiri dari:
A.      Lingkungan Spesifik, yaitu kekuatan eksternal yang membawa dampak langsung terhadap pengambilan keputusan dan tindakan oleh para manajer dan secara langsung relevan dengan pencapaian sasaran organisasi.
B.      Pelanggan
C.      Pemasok
D.      Pesaing
E.       Kelompok kepentingan, seperti: Assosiasi pekerja, Assosiasi Pengusaha.
2.       Lingkungan umum, terdiri dari:
A.      Kondisi Ekonomi
B.      Politik dan Hukum
C.      Sosial budaya
D.      Demografi (kependudukan)
E.       Teknologi
F.       Kondisi global

LINGKUNGAN GLOBAL

                Lingkungan global adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan untuk melakukan bisnis global untuk menjual barang dan jasa guna mencapai tujuan perusahaan.
1.       Aliansi Perdagangan Regional
A.      Uni Eropa (EU)
Uni Eropa adalah sebuah organisasi antar-pemerintah dan supra-nasional, yang terdiri dari negara-negara Eropa, yang sejak 01 Januari 2007 telah memiliki 27 negara anggota.
B.      North America Free Trade Agreement (NAFTA)
Perjanjian perdagangan bebas Amerika utara adalah sebuah organisasi yang terdiri dari negara negara Amerika utara. Organisasi ini didirikan pada 1994 oleh tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.
C.      Association of South East Asian Nation (ASEAN)
Merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 08 Agustus 1967 melalui deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filliphina, Singapura, dan Thailand.
Dan masih banyak Aliansi perdagangan dunia lainnya.


2.       Organisasi Perdagangan Dunia
World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu satunya badan international yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara. Didirikan pada 01 Januari 1995.
Fungsi dan Tujuan WTO yaitu:
a.       Mendukung pelaksanaan, pengaturan, dan penyelenggaraan, persetujuan yang telah dicapai untuk mewujudkan sasaran perjanjian tersebut.
b.      Sebagai forum perundingan bagi negara-negara anggota mengenai perjanjian yang telah dicapai beserta lampiran-lampirannya.
c.       Mengatur pelaksanaan ketentuan yang ditentukan kemudian dalam perundingan tingkat menteri.
d.      Mengatur mekanisme peninjauan kebijakan perdagangan
e.      Menciptakan kerangka penetuan kebijakan Ekonomi Global bekerjasama dengan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank), serta badan badan yang berafiliasi.
f.        Penyelsaian sengketa, hubungan dagang yang sering menimbulkan konflik-konflik kepentingan.

3.       Jenis Perusahaan Global
A.      Multi National Corporation (MNC) yaitu perusahaan yang memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Contohnya : Prudential Insurance (perusahaan jasa), Samsung Group (perusahaan barang), Coca-cola Company.
B.      Transnational Corporation (TNC) adalah perusahaan yang memproduksi barang atau jasa lebih dari satu negara. Contohnya: Kimia Farma.tbk.





Dosen : Marius P Angipora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar