Jumat, 25 Oktober 2013

STRUKTUR ORGANISASI HOTEL INTERNATIONAL (Manajemen Perhotelan-02)




Tugas  dan Tanggung Jawab :
1.       GENERAL MANAGER :
a. Bertanggung jawab terhadap operasional
b. Membuat Perencanaan.
c.  Menciptakan budaya.
d. Menjalin komunikasi dengan perusahaan lain.
e. Membuat keputusan.


2.       Secretary :
a. Membuat agenda kegiatan GM.
b. Menyimpulkan hasil rapat.
c.  Membuat laporan hasil kegiatan.

3.       Assistant Executive :
a.       Menjalankan perintah yang di sampaikan oleh General Manager dan selanjutnya meneruskan kepada Manager.
b.      Executive Assistant Manager, bertanggungjawab kepada General Manager.
c.       Menyampaikan laporan yang dibuat oleh para Manager.
d.      Mengambil alih tugas General Manager apabila sewaktu-waktu General Manager berhalangan.

4.       Residence Manager :
a. Mengepalai semua manager lini pertama.
b. Mengawasi dan bertanggung jawab atas seluruh kegiatan manager lini pertama.
c.  Menentukan target yang harus dicapai oleh setiap departemen.

Tugas dan Tanggung jawab Manager Lini Pertama :

1.       Marketing Director :
a. Membuat strategi pemasaran dan penjualan.
b. Bertanggung jawab atas publikasi atau periklanan hotel.
c.  Memperkenalkan hotel dan fasilitasnya sekaligus melakukan kotrak kerjasama kepada calon pengguna jasa hotel.
d. Memastikan penjualan kamar memenuhi target.
e. Juga bertanggungjawab dalam mempertahankan hubungan dengan para pelanggan.

2.       Chief Enginering :
a. Bertanggung jawab untuk memperbaiki dan menjaga peralatan dan fasilitas hotel.
b. Membuat laporan mengenai perbaikan atau pembaharuan fasilitas dan peralatan hotel.

3.       Human Resource Departement Director (HRD Director) :
a. Bertanggung jawab terhadap semua administrasi karyawan.
b. Melakukan perekrutan karyawan.
c.  Membuat program pengembangan ketrampilan karyawan.
4.       Front Office Manager (FO Manager) :
a. Bertanggung jawab terhadap semua aktifitas di Front Office.
b. Mengoptimalkan dan memaksimalkan occupancy rate hotel.
c.  Membuat laporan kamar check in dan check out, dan reservasi.
d. Menjual kamar, tugas ini antara lain menerima pemesanan kamar, menangani tamu yang tanpa pemesan kamar, melaksanakan pendaftaran, dan penentuan kamar.
e. Memberikan informasi tentang pelayanan hotel.
f.  Mengkoordinir pelayanan tamu, antara lain sebagai penghubung antara bagian-bagian di hotel menangani berbagai masalah dan keluhan tamu.
g. Menyusun laporan status kamar dan mengkoordinasikan penjualan kamar dengan bagian house keeping.
h. Menyelenggarakan pembayaran tamu.
i.   Menyusun riwayat kunjungan tamu antara lain melakukan pencatatan data-data individu untuk kunjungan akan datang, dan menyelenggarakan arsip kartu riwayat kunjungan tamu.
j.   Menangani telephone switch board, telex, dan telegram.
k. Menangani barang-barang bawaan tamu.


5.       Food and Beverage Manager (F&B Manager) :
a. Bertanggung jawab atas pengelolaan makanan dan minuman.
b. Membuat laporan pemakaian bahan baku / F&B cost.
c.  Menciptakan menu baru yang inovative.

6.       Accounting Manager :
a. Bertanggung jawab atas semua pendataan atau pengadministrasian transaksi dan keuangan.
b. Membuat laporan transaksi dan keuangan hotel.
c.  Mengawasi dan menjaga semua kegiatan transaksi.

7.       Chief Security :
a. Bertanggung jawab atas keamanan hotel.
b. Menghalau gangguan keamana dari dalam atau dari luar hotel.

8.       Executive House Keeping (Executive HK):
a. Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan fasilitas hotel.
b. Membersihkan dan merapikan kamar yang telah digunakan oleh tamu sesegera mungkin setelah tamu check-out.
c.  Melaporkan kepada FO apabila kamar telah siap dijual.




Dosen : Sukowi

2 komentar:

  1. Terima kasih atas sharing-nya, sangat bermanfaat bagi para hotelier atau hospitality interest. Berdasarkan keterangan di atas, akhirnya kami bisa menghadirkan sistem atau software untuk perhotelan di Indonesia yang simple dan user friendly, bisa di-download dengan gratis di website Sistem Software Hotel Indonesia.
    Semoga Bermanfaat, salam hotelier ^_^

    BalasHapus