Senin, 11 November 2013

Rangkuman Seminar Pasar Modal (Pengantar Bisnis)

Rangkuman Seminar Pasar Modal

1.    Investasi
Definisi Investasi : Penanaman  uang atau modal dalam suatu  perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh  keuntungan Dana. (Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia)
Pebedaan Konsumsi dan Investasi: Konsumsi adalah pembelian kebutuhan hidup untuk digunakan dan akan habis atau mengalami penyusutan hingga tidak dapat di gunakan lagi, sedangkan Investasi adalah pembelian produk penanaman modal atau uang yang tidak untuk di konsumsi dengan harapan mendapat keuntungan dimasa depan.
Manfaat yang kita dapat dari Investasi adalah Peningkatan nilai kekayaan atau asset dalam mengantisipasi ketidakpastian di masa yang akan datang dan proteksi terhadap gejolak inflasi.

Jenis Jenis Investasi :

A.      Investasi Kekayaan Riil (real property) Investasi yang dilakukan pada aset yang tampak secara nyata seperti tanah,  bangunan, dan yang secara permanen melekat pada tanah termasuk apartemen,  ruko, kondominium dan sebagainya.

B.      Investasi Kekayaan Pribadi yang tampak  yygp (tangible personal property)  Investasi yang dilakukan pada benda‐benda seperti emas, berlian, barang antik  dan termasuk benda‐benda seni seperti lukisan dan lain‐lain.

C.      Investasi Keuangan (financial investment) Investasi yang dilakukan pada surat berharga baik yang ada di pasar uang (money  market)sepertideposito,SBI,SBPUmaupunsuratberhargadipasarmodal(capital market) seperti deposito, SBI, SBPU maupun surat berharga di pasar modal (capital  market) seperti saham, obligasi, dan berbagai bentuk surat berharga pasar modal  lainnya.

D.      InvestasiKomoditas(commodityinvestment) Investasi yang dilakukan pada komoditas dalam artian barang seperti kopi, kelapa  sawit dan lain‐lain. Investasi pada sektor ini disebut sebagai perdagangan  berjangka


Cara Melakukan Investasi :
Berkaitan dengan Jenis investasi, maka melakukan investasi Investasi  dapat pula dibedakan menjadi:
a.       Investasi langsung (direct investment)
Investasi langsung merupakan investasi secara langsung kepada salah satu  obyek investasi
b.      Investasitidaklangsung(indirectinvestment) Sedangkan investasi tidak langsung berarti seorang investor tidak secara  langsung menginvestasikan dana nya ke salah satu obyek investasi.

2.    Tabungan
kelebihan dana yang dimiliki setelah menggunakan pendapatannya untuk kebutuhan konsumsi dalam jangka  waktu tertentu. Kelemahan tabungan adalah pertumbuhan nilai yang lambat bahkan bisa tidak bertumbuh sama sekali, namun Investasi memberi peluang untung pertumbuhan nilai yang cepat dengan resiko yang setara.

3.    Pengertian Pasar Modal
Pada dasarnya, pasarmodal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual belikan, baik surat utang, ekuiti(saham), instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi  lain(misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.

4.    Pengertian Saham
Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan diperusahaan tersebut. Karakteristik yuridis bagi pemegang saham?
A.      Limited Risk, artinya pemegang saham hanya bertanggung jawab  sampai jumlah yang disetorkan ke dalam perusahaan.
B.      Ultimate Control, artinya pemegang saham (secara kolektif) akan  menentukanarahdantujuanperusahaan menentukan arah dan tujuan perusahaan.
C.      Residual Claim, artinya pemegang saham merupakan pihak terakhir  yang mendapat pembagian hasil usaha perusahaan (dalam bentuk dividen) dan sisa aset dalam proses likuidasi perusahaan. Pemegang  saham memiliki posisi yunior dibanding pemegang obligasi atau kreditur.
Karakteristik Saham
-          Memperolehdividen Memperoleh dividen.
-          Memiliki hak suara dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)
-          Dimungkinkan untuk memiliki Hak Memesan Efek  Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue.
-          Terdapat potensial capital gain atau capital loss.

 Keuntungan Membeli Saham
1.       Dividen
keuntungan yang diberikan perusahaan penerbit saham atas keuntungan  yang dihasilkan. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari  pemegang saham dalam RUPS.
2.       Capital Gain
Capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham.

Pada dasarnya terdapat 3 jalan untuk mendapatkan saham :
1.       Pasar Perdana Membeli Saham di Pasar Perdana atau ketika sebuah perusahaan  melakukan Penawaran Umum (gopublic).
2.       Pasar Sekunder Membeli Saham di Pasar Sekunder atau membeli saham yang telah  tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek.
3.       Reksa Dana Membeli saham melalui pembelian unit penyertaan Reksa Dana (lewat  Reksa Dana).

Risiko Investasi pada Saham :
1.       Tidak mendapat dividen.
2.       Capital Loss.
3.        Perusahaan bangkrut atau dilikuiditasi.
4.       Saham di delist dari Bursa (Delisted).
5.       Saham di suspend.

5.    Manfaat Pasar Modal
1.       Sumber Pembiayan
Menyediakan sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha  sekaligus memungkinkan alokasi sumber dana secara optimal
2.       Wahana Investasi Memberikan wahana investasi bagi investor sekaligus memungkinkan upaya  diversifikasi.
3.       PenyebaranKepemilikan Penyebaran kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah
4.       Keterbukaan dan Profesionalisme Keterbukaan dan profesionalisme, menciptakan iklim berusaha yang sehat
5.       Lapangan Kerja
Menciptakan lapangan kerja/profesi yang menarik



6.    Cara Berinvestasi saham di Pasar Modal
Ada beberapa langkah untuk dapat mulai membeli saham di bursa efek:
1.       Melakukan registrasi ke perusahaan securitas
2.       Melakukan pembukaan Rekening Securitas
3.       Mulai membidik atau menentukan target saham yang akan kita beli sesuai keinginan berinvestasi jangka pendek, menengah atau jangka panjang.



Prinsip‐Prinsip Dasar Berinvestasi di Pasar Modal:
-          Pergunakandanalebih(excessfund) Pergunakan dana lebih (excess fund).
-          Dapatkan informasi mengenai produk investasi sebanyak mungkin sebelum mengambil keputusan berinvestasi (product knowledge).
-          Jangan menempatkan seluruh dana investasi pada satu jenis instrumen yang sama (diversifikasi) / “Don’t put  your eggs in one basket”.
-          Disiplin melakukan target investasi baik profit maupun  cut loss.
-          Kenali perusahaan sekuritas dimana anda berinvestasi  (know your broker principle).

Beberapa Hal dalam Melakukan Transaksi Saham
1.       Investor tidak bisa membeli langsungke Bursa Efek  Indonesia.
2.       Membeli saham harus melalui Perusahaan Efek yang  sudah menjadi Anggota Bursa Efek.
3.       Membuka Rekening di Anggota Bursa dan membuat  perjanjian tertulis dengan Anggota Bursa.

7.    Resiko investasi di Pasar Modal
a. Suatu kemungkinan dimana hasil/tingkat pengembalian yang sebenarnya berbeda dengan yang diharapkan (Actual  return berbeda dengan expected return).

b. Terdapat hubungan positif antara risiko (risk) dan tingkat  keuntungan (return), semakin tinggi potensi keuntungan akan semakin tinggi tingkat risiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar